Uncategorized

Cara Menginduksi Persalinan Secara Alami Agar Cepat Kontraksi dan Pembukaan

blimeyoreilly.org – Berdasarkan perhitungan hari perkiraan lahir atau HPL, biasanya persalinan akan terjadi pada kisaran minggu ke-40 masa kehamilan. Apabila HPL sudah jatuh tempo dan masih belum ada tanda-tanda kelahiran seperti kontraksi maka sebaiknya Anda harus segera melakukan serangkaian cara induksi demi mempercepat munculnya kontraksi sampai pembukaan.

Nah, cara agar cepat kontraksi asli dan pembukaan bisa dilakukan ibu hamil dimanapun dan kapanpun. Namun, perlu adanya persiapan fisik dan mental yang besar disini karena hari persalinan akan semakin dekat. Lantas, bagaimana cara melakukan induksi persalinan secara alami supaya cepat kontraksi asli? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Tips Induksi Persalinan Alami Agar Cepat Kontraksi dan Pembukaan

  1. Konsumsi makanan perangsang kelahiran

Ada berbagai pilihan makanan yang terbukti ampuh menginduksi persalinan, antara lain adalah buah nanas, akar manis, kurma, buah plum, serta aneka buah-buahan maupun sayuran yang kaya akan serta.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut selain dapat merangsang rasa kram seperti efek laksatif, mereka juga terbukti mampu mencegah konstipasi. Apabila tidak dicegah, konstipasi dapat mempersulit bayi keluar dari rahim lantaran usus dan rektum yang memenuhi ruangan di area panggul.

 

  1. Perbanyak intensitas jalan kaki

Supaya bayi lebih mudah terdorong ke area panggul, jalan kaki bisa jadi alternatif induksi lainnya. Maka dari itu, perbanyaklah intensitas jalan kaki, bisa selama 15-20 menit dalam sehari. Bila perlu, lakukan aktivitas ini di ruang terbuka seperti turunan perbukitan dimana tubuh Anda akan dipaksa condong ke depan. Dengan begitu, bayi akan semakin mudah turun ke jalur lahirnya.

 

  1. Rangsang puting payudara

Tips induksi selanjutnya adalah menstimulus puting payudara. Putarlah puting menggunakan ibu jari beserta telunjuk selama kurang lebih 2 menit. Kemudian istirahatlah lalu lakukan kembali stimulasi tersebut sampai sekitar 20 menit agar bisa memicu adanya peregangan pada rahim.

 

  1. Lakukan hubungan seksual

Walaupun tips keempat ini cukup sulit dilakukan namun percayalah bahwa dengan melakukan hubungan seksual sampai ibu hamil mencapai titik orgasme terbukti mampu menginduksi kontraksi asli. 

 

Bagaimana itu bisa terjadi? Iya, pasalnya ketika ibu hamil melakukan hubungan seksual, prostaglandin bisa terlepas sehingga ujungnya induksi persalinan dapat terjadi. Selain itu, ketika cairan sperma menyentuh vagina maka lapisan serviks akan melunak serta terbuka sehingga tubuh bisa lebih mudah menyiapkan proses persalinan nantinya. 

 

  1. Berendamlah di air hangat

Tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu sampai 40 minggu adalah melakukan aktivitas berendam di air hangat. Dengan berendam, Anda bisa melepaskan ketegangan otot sekaligus merileksasi tubuh.

 

  1. Duduklah di birth ball

Apabila Anda mempunyai alat olahraga berupa birth ball maka tak ada salahnya memanfaatkannya demi membantu mempercepat masa persalinan. Duduklah di atasnya sembari melakukan gerakan pantulan dan membuka kaki lebar-lebar rupanya dapat memudahkan kepala bayi untuk turun, lho.

 

  1. Konsumsilah minyak jarak

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi campuran 50 ml minyak jarak dan jus buah terbukti mampu menyebabkan rasa kram sehingga menstimulasi peregangan otot-otot perut. Apabila kram atau nyeri semakin kuat maka kontraksi rahim pun akan terjadi selanjutnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi minyak jarak terkadang bisa mengakibatkan diare. Maka dari itu, pastikan Anda siap sedia, ya!

Baca Juga : Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Tanpa Sedot Lemak

Nah, itulah beberapa alternatif cara agar cepat kontraksi asli dan pembukaan secara alami yang bisa dilakukan ibu hamil. Apabila sudah melakukan rangkaian tips di atas namun kontraksi atau tanda-tanda kelahiran lainnya belum kunjung dirasakan, segeralah kunjungi dokter atau bidan Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!