Uncategorized

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Paling Efektif

blimeyoreilly.org – Seperti yang kita ketahui bahwa wanita yang sedang hamil akan mengalami beberapa perubahan fisik. Tidak hanya pada bagian perut saja yang membesar, akan tetapi perubahan pada bagian organ lainya seperti pantat, payudara dan lain-lain. Bahkan ada sebagian wanita hamil yang mengalami pembengkakan kaki. 

 

Kaki bengkak merupakan salah satu gejala kehamilan yang paling umum dialami. Gejala ini dapat muncul di setiap trismester. Biasanya muncul karena kadar hormon progesteron mengalami peningkatan secara drastis. Meskipun tidak berbahaya, namun masalah ini cukup mengganggu aktivitas. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi bengkak saat hamil yang bisa Anda lakukan.

 

Cara Menyembuhkan Kaki Bengkak

Jika mengalami pembengkakan kaki saat hamil, maka jangan keburu panik karena ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasinya. 

 

  • Mengurangi asupan natrium

Agar kondisi kaki yang membengkak tidak semakin parah, maka Anda bisa mengurangi asupan garam atau natrium. Karena konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih banyak menahan kandungan air. Dengan meningkatnya jumlah air di dalam tubuh, maka dapat mengakibatkan pembengkakan pada kaki.  

 

Jadi solusi terbaiknya yaitu menghindari jenis makanan yang memiliki kandungan garam tinggi seperti halnya makanan olahan. Disamping itu, Anda juga harus membiasakan tidak menambahkan garam secara ekstra pada makanan yang dikonsumsi.

 

  • Meningkatkan asupan kalium

Cara selanjutnya yaitu dengan meningkatkan asupan potasium atau kalium karena berfungsi untuk menyeimbangkan jumlah cairan yang ada di dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat mengurangi terjadinya pembengkakan pada bagian organ tubuh ketika proses kehamilan.

 

Jenis makanan yang kaya akan kandungan kalium yaitu kacang-kacangan, bayam, pisang, ubi jalar dengan kulitnya, wortel, ikan salmon, yogurt, bit, jeruk, delima dan markisa. 

 

  • Mengurangi asupan kafein

Mengkonsumsi terlalu banyak kafein dapat memperburuk terjadinya pembengkakan pada ketika hamil. Kandungan yang terdapat pada kafein memiliki sifat diuretik dan mampu menyebabkan tubuh memiliki kelebihan cairan. Maka dari itu, Anda harus mengurangi asupan kafein dan dapat menggantinya dengan mengkonsumsi teh herbal maupun susu untuk kebutuhan sehari-hari.

 

  • Memperbanyak mengkonsumsi air putih

Minum banyak air putih ketika hamil jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis minuman lainnya. Dengan asupan cairan yang cukup maka dapat menghindari terjadinya pembengkakan. Tubuh tidak akan mengalami dehidrasi. Untuk hasil terbaik, Anda bisa minum kurang lebih 9-10 gelas air putih setiap hari. 

 

Jika kebutuhan cairan tubuh tercukupi maka ginjal dapat bekerja dengan baik. Jika Anda bosan minum air dengan rasa tawar maka dapat divariasikan dengan menambahkan daun mint atau lemon agar rasanya lebih sehingga Anda akan lebih tertarik untuk minum air putih lebih banyak.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kram Perut di Rumah Secara Alami Tanpa Obat medis

Dengan menerapkan 4 cara mengatasi kaki bengkak saat hamil di atas, maka masalah pembengkakan di kaki akan segera teratasi dengan cepat sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.