Uncategorized

Cara Membuat Histogram di Excel 2007

blimeyoreilly.org – Sederhananya, histogram ialah grafik yang isinya ringkasan dari sebaran suatu data. Bisa juga histogram disebut sebagai grafik batang yang menampilkan frekuensi data, dan banyak dipakai dalam ilmu statistik. Histogram bisa dibuat dengan bantuan Microsoft Excel, bagaimana cara membuat  histogram tersebut?

Cara Membuat Histogram di Excel 2007

Buka aplikasi Microsoft Excel yang ada di PC / laptop Anda. Lalu ketikkan data yang mau dianalisis menjadi sebuah histogram, misalnya seperti pada gambar di bawah ini.

Jika di tab Data belum nampak ada Data Analysis, maka Anda perlu mengaktifkan add-ins tersebut. Caranya, klik Office button, lalu klik Excel Options.

Selanjutnya klik menu Add-ins di panel sebelah kiri. Lalu pada Manage, pilih Excel Add-ins, dan klik tombol Go. Kurang lebih tampilannya seperti gambar berikut.

Nantinya akan muncul daftar add-ins yang tersedia, Anda centang saja Analysis ToolPak, lalu OK.

Setelah berhasil diaktifkan, maka di tab Data, sudah muncul menu Data Analysis

Klik menu tersebut, yang kemudian muncul daftar analysis toolnya. Anda tinggal pilih Histogram, lalu klik OK.

Kemudian pada bagian Input Range, klik tanda / simbol yang ada di samping isian.

Langkah selanjutnya adalah blok data yang akan dianalisis, lalu klik lagi tanda / simbol yang tadi.

Kemudian untuk Output Optionsnya ada beberapa pilihan hasil jadi histogramnya. Pilih Output Range apabila Anda ingin hasilnya diletakkan di bagian tertentu dalam sheet yang aktif. Selain itu, ada New Worksheet Ply jika ingin hasiknya diletakkan di sheet yang baru. Juga ada New Workbook kalau Anda mau hasilnya di workbook baru.

Lebih lanjut lagi, Anda bisa memilih opsi Pareto, Cumulative Percentage (jika ingin ada persentasenya), dan juga Chart Output (jika mau ada grafiknya). Untuk contoh ini, opsi yang dipilih adalah Chart Output dan New Worksheet Ply. Jangan lupa klik OK seperti tampilan di gambar ini.

Dan hasilnya jadi seperti ini.

Tampilan hasilnya mungkin belum terlalu memuaskan. Namun Anda dapat buat histogram tersebut jadi lebih baik jika Anda menentukan sendiri kelas-kelasnya dengan menginput range bin (batas atas dari tiap kelas).

 

Jika sudah ditentukan bin range-nya, kurang lebih tampilannya jadi histogram seperti ini.

Output analisis histogram tampil pada worksheet baru atau dalam workbook baru. Output tersebut menampilkan sebuah tabel histogram & bagan kolom yang mencerminkan data yang ada dalam tabel histogram.

Membuat sebuah histogram tak hanya bisa dilakukan di Microsoft Excel 2007, tapi juga versi Excel setelahnya seperti versi 2010, 2013, 2016, dan seterusnya. Tentunya dengan memastikan bahwa sudah terinstal Add-in Analysis ToolPak.

Baca Juga : Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome PC Termudah

Demikian ulasan singkat mengenai cara membuat histogram di aplikasi Excel. Anda bisa terus berlatih membuatnya atau mengutak-atik perihal histogram di Excel tersebut agar semakin memahaminya. Setelah mengetahui caranya, data apa yang akan Anda jadikan ke bentuk histogram?